Spread the love

Para bikers biasanya memiliki berbagai pertimbangan saat memilih motor yang cocok dipakai saat sunmori. Bukan hanya memiliki desain menarik saja dan banyak penggemarnya, tapi juga harus tangguh karena akan dibawa touring. Bali merupakan tujuan sunmori banyak biker, kamu bisa coba sunmori di sana dengan sewa motor Bali.

Apa Itu Sunmori?

Banyak komunitas motor sering mengadakan kegiatan yang dinamakan sunmori ini, lalu apa yang dimaksud dengan sunmori? Sunmori merupakan kependekan ‘Sunday Morning Ride’, maksudnya adalah kegiatan berkendara pagi-pagi saat hari Minggu. Tapi sunmori ini identik dengan kegiatan motoran bersama-sama, atau touring.

Jadi, sunmori bukan dilakukan dengan berkendara sendiri saja. Sunmori biasanya dilakukan bareng-bareng dengan motor yang sejenis atau sama. Tapi bisa juga dengan kendaraan yang berbeda jika bukan komunitas motor tertentu secara khusus.

Rekomendasi Motor Yang Ideal Untuk Sunmori

Bukan hanya bisa mempererat persatuan saja untuk setiap anggota komunitas, dengan sunmori juga memiliki dampak positif untuk para peserta. Jika sunmori dilakukan di kota wisata seperti Bali, tentu bisa sangat menyenangkan dan cocok menjadi kesempatan healing.

Tidak sedikit komunitas motor touring yang menjadikan Bali sebagai tempat sunmori mereka karena Bali seperti yang sudah banyak orang tahu merupakan kota wisata paling terkenal di Indonesia. Di Bali ada banyak pantai yang indah dan ramai dikunjungi para wisatawan.

Selain ada tempat wisata alam, banyak juga objek wisata budaya di sana. Ada banyak hal bisa didapat di Bali yang pastinya bisa menjadi momen menyenangkan bersama anggota komunitas.

Lalu motor mana yang cocok dijadikan motor sunmori atau motor touring? Sebelum sewa motor Bali, simak bahasan berikut mengenai beberapa rekomendasi motor yang bisa kamu andalkan untuk aktivitas sunmori dengan teman-teman.

·         Kawasaki Versys X 250

Dari sejak awal kemunculan, Kawasaki sepertinya telah menyiapkan motor ini untuk kebutuhan touring atau sunmori. Kawasaki Versys-X bisa menjadi salah satu pilihan motor andalan kamu jika ingin sunmori di Bali. Mesin kapasitas 250cc miliki Kawasaki Versys-X memiliki silinder ganda dan lengkap dengan adanya teknologi liquid-cooled.

Walau memang body Kawasaki Versys-X cukup besar, tapi motor Kawasaki satu ini tergolong cukup ringan. Versys-X enak diajak bermanuver untuk berbagai jenis jalanan atau medan. Baik itu jalan lurus, jalan di pedesaan, jalan berbatu, atau pun jalan menanjak, Kawasaki Versys-X tetap nyaman dikendarai.

Kelebihan lainnya yaitu motor ini minim getaran sehingga lebih enak dikendarai meski saat berboncengan. Cukup mumpuni rasanya Kawasaki Versys-X dibawa bersunmori, desain motor ini juga menarik dilihat dan tangguh.

·         Viar Vortex

Salah satu motor yang bisa dipertimbangkan untuk dikendarai saat sunmori yaitu Viar Vortex. Banyak bikers beranggapan kehadiran motor Viar Vortex ini bertujuan sebagai rival Kawasaki Versys-X.

Belum terlalu terkenal memang Viar Vortex dibandingkan motor Kawasaki tersebut, tapi kehadiran Viar Vortex membuat banyak orang mulai mempertimbangkannya untuk kebutuhan touring. Tidak main-main Viar Vortex dibuat, Viar telah membekali motor ini dengan komponen mesin 249 cc satu silinder dengan teknologi SOHC.

Dengan mesin tersebut, berkendara akan cukup nyaman. Kenyamanan mengendarai Viar Vortex lebih terjamin dengan pijakan kaki suportif yang didesain sengaja sedikit ke depan. Salah satu motor Viar yang cocok untuk aktivitas sunmori tersebut memiliki ciri khas di bagian windshield, box di belakang dan sampingnya serta bagian engine guard.

Untuk bagian suspensi depannya, Viar Vortex telah menerapkan upside down system, sementara untuk belakangnya memakai sistem monoshock. Untuk touring, rasanya Viar Vortex memang dibuat untuk kebutuhan tersebut.

·         Honda PCX – Hybrid

Hadir di pasaran dari sejak 2018 lalu, hadirnya PCX Hybrid mampu menarik perhatian para bikers Nusantara. Dibandingkan dengan versi Honda PCX biasa, PCX Hybrid memang memiliki harga lebih mahal. Tapi hal ini selaras terhadap kualitas yang pabrikan Honda sematkan, kini PCX mempunyai tenaga yang lebih menjanjikan.

PCX Hybrid berbekal mesin tangguh 4 langkah, sehingga motor ini cocok dibawa kegiatan sunmori meski menjelajahi segala macam medan. Lebih menariknya, motor PCX Hybrid memiliki 3 mode untuk berkendara.

Pengendara bisa menyesuaikan mode tersebut dengan kebutuhan dan kondisi jalanan. Bahkan PCX Hybrid ini juga memiliki keunggulan penghematan bahan bakar sehingga bisa membantu menekan biaya.

·         Yamaha NMax

Rekan PCX satu ini juga perlu dipertimbangkan, Yamaha mempersembahkan motor NMax ini dengan body yang tergolong bongsor. Yamaha itu sendiri memang memiliki tempat tersendiri bagi para bikers, karena Yamaha biasa mengedepankan kualitas. Kamu bisa coba pilih motor ini saat sewa motor Bali.

NMax cocok dibawa sunmori karena dibekali dengan fitur-fitur canggih, mulai dari VVA, shockbreaker yang super fleksibel dan rem ABS dengan dua channel. Agar lebih menunjang kenyamanan para pengendara, Yamaha juga sudah membekali NMax dengan fitur mumpuni Y-Connect.

Dengan teknologi tersebut, maka bisa memungkinkan bikers mengoneksikan motor NMax mereka dengan smartphone. Pengendara pun bisa lebih mudah melakukan pengecekan kendaraan sebelum dan saat pergi sunmori.

·         BMW G310GS

Beda lagi dengan motor satu ini yaitu BMW G310GS. Jika budget kamu banyak, maka bisa pertimbangkan BMW G310GS, motor touring ini gahar dan terkesan macho. Motor BMW satu ini resmi rilis dari sejak tahun 2018. Sebenarnya satu konsep dengan mobil yang diproduksi BMW, BMW tidak main-main menghadirkan motor ini.

BMW G310GS merupakan motor tipe adventure dari BMW dan dibandingkan motor setipe lain, motor ini memiliki body yang lebih ramping. Dengan kata lain, BMW G310GS tidak terlihat bulky seperti beberapa motor yang sering kita sering lihat sekarang.

Kapasitas BMW G310GS mencapai 313 cc, dan bisa bermanuver sampai 143 Km/ jam. Sensasi berkendara dengan BMW G310GS bisa semakin menyenangkan lewat kehadiran ragam fitur pendukung.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah ada cukup banyak motor yang dirasa ideal sebagai motor sunmori. Sunmori itu sendiri merupakan aktivitas berkendara bersama-sama yang sangat populer sekarang ini, di Bali ada cukup banyak komunitas yang melakukan sunmori. Agar lebih nyaman, jangan hanya asal menentukan motor yang akan dipakai untuk touring tersebut.

Pastikan motor tersebut cukup tangguh untuk menjelajahi berbagai medan, dan mampu dibawa berkendara jauh. Kamu bisa memilih juga motor dengan fitur yang paling sesuai dengan kebiasaan kamu dalam berkendara atau kebutuhan berkendara yang paling utama.

Karena akan percuma jika ada fitur-fitur lengkap pada sepeda motor tersebut, tapi kamu tidak terbiasa memakai fitur-fiturnya dengan maksimal. Jangan lupa jika kamu berencana untuk sewa motor Bali, harus dilakukan melalui jasa penyewa terpercaya..

Apa pun itu jenis motornya, harus pastikan dengan baik aspek keamanan berkendara, perhatikan selalu keselamatan berkendara dan patuhi setiap aturan di jalan. Itu saja bahasan di atas mengenai beberapa motor yang ideal dibawa sunmori, semoga bermanfaat.